S2 Pendidikan IPA

Selamat Datang

di Program Studi S2 Pendidikan IPA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Tentang Prodi
Akreditasi dan Elijibilitas
Profil Lulusan
Kelompok Riset
Ketenagaan
Sarpras Pendidikan
Muara Kurikulum
Kerja Sama
Pengumuman
Tentang Prodi

Koordinator Program Studi:

Koordinator Program Studi:
Dr. Supeno, S.Pd., M.Si.

Sejarah

Program Studi (Prodi) Magister (S2) Pendidikan IPA berdiri berdasarkan SK pendirian PS No. 336/E.E2/DT/2014 tertanggal 08 April 2014. Pendirian Magister (S2) Pendidikan IPA didasari atas pada permintaan pasar kerja (market driven) dan hasil perenungan terhadap visi keilmuan (scientific vision). Untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas, Magister (S2) Pendidikan IPA telah mendesain kurikulum yang telah diterapkan sejak awal dilaksanakan perkuliahan pada tahun 2014 dan hingga saat ini kurikulum telah beberapa mengalami perkembangan.

 

Visi

Visi Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember yaitu:

Menjadi prodi bertaraf internasional dalam penyelenggraan pendidikan IPA berbasis pertanian industrial.

 

Misi

Misi Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPA berbasis pertanian industrial bertaraf internasional.
  2. Mengembangkan penelitian pembelajaran IPA berbasis pertanian industrial yang inovatif  bertaraf internasional.
  3. Melakasanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitan pembelajaran IPA  berbasis pertanian industrial.
  4. Memperluas akses, kerjasama, dan relevansi dalam pendidikan dan penelitian dengan institusi dalam dan luar negeri.

Akreditasi dan Elijibilitas

Prodi Magister (S2) Pendidikan IPA saat ini telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dan memperoleh predikat Sangat Baik, yang berlaku mulai 2 Agustus 2022 sampai dengan 1 Agustus 2027

Profil Lulusan

Profil lulusan yang dihasilkan Prodi Magister (S2) Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember adalah:

  1. Pendidik IPA; yaitu lulsan yang menguasai konsep dan pembelajaran IPA inovatif untuk mendukung sebagai pendidik IPA pada jenjang perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan.
  2. Peneliti Bidang Pembelajaran IPA; yaitu peneliti yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pembelajaran IPA melalui riset yang berkontribusi memecahkan permasalahan pembelajaran IPA berbasis pertanian industrial
  3. Konsultan Pendidikan dan Pembelajaran IPA yang ahli dalam memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam pendidikan dan pembelajaran IPA.

Kelompok Riset

Prodi Magister (S2) Pendidikan IPA memiliki dua kelompok riset, yaitu:

  1. Kelompok Riset Science Learning Innovative Media

    Kelompok Riset Science Learning Innovative Media konsen dalam berinovasi secara ilmiah tentang sarana pendukung pembelajaran IPA tepatnya media pembelajaran yang berfungsi untuk menyediakan sarana pendukung peningkatan mutu pelaksanaan pembelajaran IPA (IPA, fisika, biologi, dan kimia) yang berhakikat pada pelaksanaan proses-produk.

    Road Map Kelompok Riset Science Learning Innovative

  2. Kelompok Riset 21st Century Science Teaching Model (21st century STM)

    Kelompok Riset 21st Century Science Teaching Model (21st century STM) adalah kelompok riset di Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember yang focus dalam pengembangan strategi pembelajaran sains inovatif.

    Road Map Kelompok Riset 21st Century Science Teaching Model (21st century STM)

     

    Kinerja Karya Ilmiah


Ketenagaan

Kegiatan tri dharma perguruan tinggi di Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember didukung oleh dosen:

  1. Prof. Dr. Joko Waluyo, M.Si
  2. Prof. Dr. Sutarto, M.Pd
  3. Prof. Dr. Indrawati, M.Pd
  4. Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si
  5. Prof. Dr. Suratno, M.Si
  6. Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si
  7. Dr. Ir. Imam Mudakir, M.Si
  8. Dr. Slamet Hariyadi, M.Si
  9. Dr. Sudarti, M.Kes
  10. Dr. Jekti Prihatin, M.Si
  11. Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes
  12. Drs. Wachju Subchan, M.S, Ph.D
  13. Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd
  14. Dr. Trapsilo Prihandono, M.Si
  15. Dr. Supeno, S.Pd, M.Si
  16. Dr. Iis Nur Asyiah, S.P, M.P
  17. Drs. Nuriman, Ph.D
  18. Dr. Yushardi, M.Si
  19. Dr. Sulifah Aprilya Hariani, S.Pd, M.Pd
  20. Prof. Erlia Narulita, S.Pd, M.Si, Ph.D
  21. Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd, M.Si
  22. Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd
  23. Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd, M.Pd, Ph.D
  24. Bevo Wahono, S.Pd, M.Pd, Ph.D
  25. Rayendra Wahyu Bachtiar, S.Pd, M.Pd, Ph.D
  26. Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd, M.Pd
  27. Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd, M.Pd

Sarpras Pendidikan

Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember memiliki sarana dan prasarana, kelas, serta laboratorium yang memadai untuk mendukung pencapaian tri dharma perguruan tinggi. Pemanfaatan sarana dan prasarana memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung ketercapaian profil lulusan di Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA.

Muara Kurikulum

Muara kurikulum dari Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA merujuk pada hasil yang diharapkan dari proses pendidikan yang dilakukan. Muara kurikulum dari Program Studi Magister (S2) Pendidikan IPA  mencakup berbagai kemampuan, pengetahuan, sikap, dan nilai, meliputi:

  1. mahasiswa memiliki sikap sosial dan ilmiah dalam pendidikan dan pembelajaran IPA;
  2. mahasiswa mampu mengembangkan komponen pembelajaran IPA yang inovatif;
  3. mahasiswa mampu mengembangkan pembelajaran IPA untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran IPA berbasis pertanian industrial;
  4. mahasiswa mampu mengkreasi prinsip-prinsip sains yang relevan dengan perkembangan IPTEK terbaru;
  5. mahasiswa mampu mengkreasi prinsip-prinsip pembelajaran IPA yang relevan dengan perkembangan IPTEK terbaru.

 

Mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Kerja Sama
Tab Content
Pengumuman
Tab Content