Selamat Datang
di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
- SEJARAH
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) berdiri pada tanggal 21 September 2011 melalui SK Dirjen Dikti 204/E/0/2011, dengan perkuliahan secara resmi dimulai pada semester Gasal 2012/2013. Pada awalnya, prodi PGPAUD menempati Gedung 2 FKIP di Jl. Moch. Seruji No. 60 Kecamatan Patrang. Pada tahun 2017, gedung perkuliahan dipindahkan ke FKIP Gedung 3 di Lingkungan Kampus Tegalboto dengan ruang dosen yang berlokasi di Gedung H lantai 2.
VISI
Visi yang dicanangkan untuk Prodi S1 PGPAUD FKIP Universitas Jember hingga tahun 2030 adalah “Menjadi program studi unggul di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang pendidikan anak usia dini yang berkualitas, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial”.
MISI
Untuk mencapai visinya, Prodi PGPAUD merumuskan misi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.
- Menghasilkan karya inovasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung terwujudnya praktek pengasuhan, pendidikan dan perlindungan anak usia dini serta pengelolaan PAUD yang berkualitas, humanis, berdaya saing dan berkearifan lokal.
- Membangun tata kelola pendidikan, penelitian dan pengabdian di tingkat Prodi yang mendukung keunggulan dan menjunjung tinggi terwujudnya WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) / WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).
- Membangun suasana akademik dan non-akademik yang berpegang pada etika keilmuwan dan etika sosial.
- Menjalin dan membina jejaring kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri dalam rangka pengembangan pembelajaran, program-program sertifikasi kompetensi, serta kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang PAUD yang berkualitas, berdaya saing, humanis dan dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.
Berdasarkan Keputusan LAMDIK No. 913/SK/LAMDIK/Ak/S/IX/2023, Prodi PGPAUD mendapatkan peringkat akreditasi UNGGUL.
Sertifikat akreditasi dapat dilihat di menu Unduhan.
Profil lulusan Prodi PGPAUD adalah:
- Pendidik Anak Usia Dini
Yakni, sebagai guru pendamping pada satuan Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak atau satuan PAUD sejenis yang kompeten dan inovatif dalam memberikan layanan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak maupun latar belakang sosial-budaya masyarakat sekitarnya
- Pengelola PAUD
Yakni, sebagai penyelenggara layanan pendidikan anak usia dini yang mampu menunjukkan literasi informasi, teknologi dan kearifan dalam memecahkan masalah maupun mengembangkan program-program PAUD sesuai dengan kondisi dan potensi lingkungan sosial budaya masyarakat sekitarnya.
Kelompok riset prodi PGPAUD melaksanakan kajian, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang meliputi tiga bidang ke-PAUD-an, yakni tumbuh kembang anak usia dini, pembelajaran dan pengelolaan PAUD. Pada tahun 2023, prodi PGPAUD memiliki dua kelompok riset, yakni:
- Early Childhood Development and Family Support System (ECD FaST)
- Day Care Berbasis Pendidikan Karakter dan Berdaya Saing (DC Penerang)
Keberadaan kelompok-kelompok riset tersebut membantu untuk mengarahkan fokus bidang kajian prodi serta menunjang kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari dosen maupun mahasiswa.
Di dalam pelaksanaan kegiatannya, kelompok riset membuka kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk bergabung dalam tim penelitian payung. Pola ini terbukti bermanfaat untuk mempercepat masa studi mahasiswa serta menghasilkan luaran penelitian yang layak dipresentasikan dalam even konferensi internasional, publikasi di prosiding dan jurnal terindeks Sinta dan Scopus, serta mendapatkan sertifikat Hak Cipta. Hasil penelitian juga dipergunakan sebagai referensi perkuliahan sehingga mahasiswa juga terus mendapatkan wawasan terbaru mengenai dunia ke-PAUD-an.
Prodi PGPAUD memiliki dosen-dosen pengampu matakuliah dari berbagai rumpun ilmu yang dibutuhkan untuk membentuk kompetensi ke-PAUD-an yang komprehensif seperti PAUD, psikologi, bimbingan konseling, manajemen pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.
Dosen Homebase
No. | Nama | Pendidikan |
---|---|---|
1 | Prof. H.M. Sulthon Masyhud, M.Pd. | S3 |
2 | Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. | S3 |
3 | Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A., Psikolog | S2 |
4 | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. | S2 |
5 | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd. | S2 |
6 | Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. | S2 |
7 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | S2 |
8 | Yuniarta Syarifatul Umami, S.Pd., M.Pd. | S2 |
9 | Yuli Tri Andini, S.Pd., M.Pd. | S2 |
10 | Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I. , M.Pd.I. | S2 |
Prodi PGPAUD berada dalam naungan FKIP Universitas Jember yang memiliki 2 kompleks gedung perkuliahan, gedung pembelajaran mikro, lapangan olahraga, taman dengan gazebo dan bangku untuk berdiskusi bebas, kantin, masjid, dan lapangan parkir yang memadai. Seiring dengan orientasi Universitas Jember untuk go-internasional, maka kelas-kelas perkuliahan secara bertahap didesain untuk memenuhi standar internasional. Secara khusus, Prodi PGPAUD juga memiliki 1 laboratorium pembelajaran, bengkel Alat Permainan Edukatif serta 2 TK Labschool yakni TK Dharma Indria 1 dan TK Dharma Indria 2 yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka.
Kurikulum Prodi PGPAUD dirancang untuk diselesaikan dalam 7 semester, dengan muara pada capaian pembelajaran lulusan sebagai berikut:
CPL 1 Menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan, kebangsaan dan standar etik pendidikan anak usia dini
CPL 2 Menunjukkan kinerja mandiri, kinerja kelompok yang bermutu dan terukur serta komunikasi lisan dan tulisan.
CPL 3 Mampu menganalisis konsep teoritis mengenai tumbuh kembang, pengasuhan, dan pembelajaran dan pengelolaan PAUD.
CPL 4 Mampu menerapkan perkembangan IPTEKS untuk penelitian, layanan dan pengelolaan PAUD
CPL 5 Mampu mempraktekkan layanan dan pengelolaan PAUD yang berkualitas dengan mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial
CPL 6 Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan bidang PAUD untuk menyelesaikan permasalahan layanan dan pengelolaan PAUD di lingkungan sosial budaya masyarakat pertanian industrial
Perkuliahan dilaksanakan dengan metode case method dan team project-based learning yang kegiatan perkuliahan telah menghasilkan antara lain buku-buku antologi karya mahasiswa ber-ISBN, pagelaran karya hasil project perkuliahan, dan artikel-artikel publikasi terindeks Sinta.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Koordinator Program Studi:
Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.
Video Profil PGPAUD FKIP UNEJ
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Recent Comments